Belajar Microsoft Excel : Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup pada kali ini admin dodolantech.com akan membagikan informasi yang sangat berguna bagi kalian yang tengah mendalami software Microsoft excel. Vlookup dan Hlookup merupakan salah satu fungsi yang sangat populer digunakan untuk mengelola data dengan mudah.

Pengertian Vlookup dan Hlookup Beserta Contohnya

HLOOKUP dan VLOOKUP adalah fungsi pada Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk mengelola bagian data dari spreadsheet / lembar kerja sebagai lookup table.

Ketika kamu menggunakan fungsi VLOOKUP, Excel akan mencari nilai lookup dari bagian yang telah didefinisikan sebelumnya atau sering disebut dengan tabel array. Fungsi ini akan menampilkan nilai lain dari baris yang sama yang dengan menggunakan nomer index.

Sedangkan HLOOKUP memiliki fungsi yang mirip dengan VLOOKUP, yang membedakan hanyalah arah atau konfigurasi pencarian. HLOOKUP dengan huruf H sebagai awalan yang berarti pencarian secara horizontal (dengan baris tunggal) sedangkan VLOOKUP diawali dengan huruf V yang berarti pencarian vertikal (pada kolom tunggal).

Contoh Penggunaan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP Exact Match

untuk memudahkan kamu dalam memahami fungsi ini, kami akan memberikan contoh sederhananya.

Skenario yang akan kami contohkan yaitu tentang list barang yang ada diperusahaan. Pada sheet pertama kita kasih nama “Sheet Item” memuat baris berupa nomer part, deskripsi dan harga barang.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup

Setelah membuat tabel utama pada Sheet Item, selanjutnya kita buat sheet baru yang akan diisi dengan Tabel Lookup. Skenario pada sheet ini yakni kita akan membaca harga sesuai nomor part pada sheet Item. Contoh penggunaanya yakni apabila ingin membuat invoice dengan banyak jenis barang, kamu mendapatkan harga barang tersebut secara otomatis.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup

Pada Sheet yang baru kita menginputkan nomor part pada sel A2 dan harga akan otomatis terisi pada sel B2 sesuai dengan Sheet pertama. Pada Sel B2 kita isi dengan fungsi sebagai berikut:

=VLOOKUP(A2;Item!$A$1:$C$4;3;)

Keterangan :

= merupakan penanda bawah sel tersebut memuat suatu fungsi

VLOOKUP merupakan nama dari fungsi

A2 berisi nilai pembanding

Item!$A$1:$C$4 merupakan tabel array yang terletak pada sheet Item yang akan digunakan sebagai sumber data.

3 merupakan nomor kolom yang akan digunakan sebagai data hasil

FALSE, menampilkan nilai exact

download contoh soal excel vlookup dan hlookup

ada pepatah yang mimin ingat yakni kamu akan menguasai suatu hal dengan cara memperbanyak latihan. Berikut mimin kasih contoh soal excel vlookup dan hlookup dan jawabannya xls yang dapat kalian download secara gratis. Pada link dibawah, terdapat tujuh buah paket soal beserta jawaban dengan berbagai jenis soal yang dapat kamu gunakan sebagai latihan.


Download Contoh Soal Excel Vlookup dan Hlookup

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup Approximate Match

Berbeda dengan Exact match dimana data yang kita input harus sama dengan sumber data yang kita buat sebelumnya. Apabila data yang kita input tidak terdapat di database maka, pembacaan pada table lookup akan eror / tanpa hasil.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup

Hasil pembacaan harga nomer item DODO-04 adalah kosong, hal ini dikarenakan kita tidak melakukan input data DODO-04 pada tabel Item.

untuk menggunakan fungsi approximate match cukup mudah yakni dengan mengganti FALSE menjadi TRUE pada akhir argumen fungsi. Ilustrasi dibawah akan mengambil data harga DODO-03 dikarenakan DODO-04 mendekati DODO-03 secara alphabetic.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup

Bagaimana Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP bekerja

Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP akan membaca data yang kita input dengan sumber data atau data pembanding. Fungsi ini kemudian akan memberikan hasil yang berhasil ia temukan pertama kali. jadi apabila ada dua atau lebih kondisi yang sama dengan hasil yang berbeda maka fungsi ini akan menghasilkan nilai yang berada di paling kiri atau paling atas.

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup

Dari gambar diatas terdapat dua nomor part yang sama yakni DODO-02 dengan harga yang berbeda. Hasil yang terbaca pada tabel lookup adalah nomor part DODO-02 memiliki harga 75.000 hal ini dikarenakan harga 75.000 berada di posisi paling atas dibandingkan dengan DODO-02 dengan harga 125.000.

Jadi cukup jelas bukan tentang Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup. apabila ada yang kurang paham silahkan bertanya di komentar.